Senin, 29 November 2010

Hotline Layanan Internet Sehat Diluncurkan

Hotline Layanan Internet Sehat Diluncurkan

AP

TEMPO Interaktif, Depok - Hotline yang memberikan informasi tentang internet sehat dan aman resmi diluncurkan hari ini. Peluncuran Hotline service bernomor 0800-1000-147 berlangsung di Sekretariat Yayasan Komplek Pondok Mandala II, Tugu, Cimanggis, Depok.

Melalui hotline tersebut, masyarakat yang ingin mengetahui informasi tentang internet sehat ataupun ingin mengadukan adanya situs-situs yang memuat konten negatif dapat menghubungi nomor tersebut. Bahkan, layanan ini bebas pulsa sehingga masyarakat tidak perlu khawatir ketika ingin mendapatkan banyak informasi dari hotline ini.

Program hotline internet sehat dan gratis ini digagas oleh Yayasan Keluarga Kreatif Indonesia bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia dan Nawala Nusantara. Nawala Nusantara merupakan sebuah layanan yang dibuat oleh Asosiasi Warnet Indonesia (AWARI) untuk memfasilitasi pengguna internet yang membutuhkan saringan situs negatif.

Supervisor Hotline Internet Sehat dan Aman, Siwi Prihatiningsih menjelaskan jika hotline ini beroperasi setiap hari dari pukul 08:00 wib sampai pukul 17:00 wib. Untuk memberikan layanan yang maksimal kepada pengguna internet, Siwi mengatakan jika pihaknya mempekerjakan 15 orang staf penerima telepon. "Total staf ada 15 orang, tetapi setiap harinya ada 5 orang yang siap sedia menerima pengaduan," kata Siwi kepada Tempo hari ini. Belasan staf tersebut merupakan mahasiswa yang berasal dari bernagai Universitas yang ada di sekitar Depok di antaranya Universitas Indonesia dan Universitas Gunadarma.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Yayasan Keluarga Kreatif Indonesia Sri Rahayu Purwitaningsih mengharapkan keberadaan hotline ini dapat membuat para pengguna internet dapat mengakses informasi tentang cara penggunaan internet yang sehat dan aman secara mudah. "Saya harpkan dengan hotline ini sisi-sisi negatif dari internet dapat ditumpulkan dan sisisisi positif dari internet dapat dipertajam," kata istri Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring ini di sela-sela acara peluncuran hotline service.

Agar hotline service ini berjalan efektif, Sri mengatakan bahwa kerjasama tidak hanya akan dilakukan sebetas dengan Telkom dan Nawala saja. Tetapi, ia juga akan bersuha untuk menggandeng para penyelenggara jasa telekomunikasi di Indonesia, para stakeholder di industri IT, LSM, Lembaga Pemerintah, dan media massa.

Tia Hapsari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar